Fakta Unik Kuda Laut

Labels:
Posted by nisrina at 4:47 AM

Penampilan kuda laut sangatlah mencolok, dan struktur umumnya memiliki rancangan yang sangat spesifik. Ukuran mereka bervariasi dari sekitar 4 sampai 30 sentimeter (1,6 sampai 11,8 inci) dan mereka biasanya tinggal sepanjang pantai, di antara ganggang laut dan tumbuhan lainnya. Semacam baju zirah dari tulang melindungi mereka dari segala jenis bahaya. Baju zirah ini begitu kuatnya sehingga Anda tidak mungkin menghancurkan kuda laut yang sudah mati dan mengering dengan hanya menggunakan tangan.
Kepala kuda laut terletak membentuk sudut siku-siku dengan tubuhnya. Keistimewaan ini tidak ditemukan pada ikan yang lain. Kuda laut berenang dengan tubuh yang tegak dan mereka dapat menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah. Tetapi mereka tidak dapat menggelengkan kepala atau menoleh ke kiri dan kanan. Hal ini bisa menjadi masalah bagi makhluk-makhluk yang lain, namun tidak demikian dengan kuda laut, berkat perancangan tubuh mereka yang khusus. Mata kuda laut dapat bergerak dengan bebas, berputar-putar mengamati setiap sisi sehingga mereka dapat melihat sekelilingnya dengan mudah, bahkan tanpa mampu menggerakkan kepalanya ke kiri dan ke kanan.
Cara berenang kuda laut juga dipengaruhi oleh sistem yang sangat khusus. Kuda laut bergerak naik-turun di dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. Jika kantung renang ini rusak dan kehilangan sedikit udara, kuda laut tenggelam ke dasar laut. Kecelakaan yang sedemikian menyebabkan matinya kuda laut. Di sini, ada hal sangat penting yang tidak boleh dilewatkan. Jumlah udara di dalam kantung renang telah ditetapkan secara amat teliti. Oleh sebab itulah, perubahan yang sangat tipis dapat menyebabkan kematian makhluk tersebut. Keseimbangan yang peka ini menunjukkan sesuatu yang sangat penting. Kuda laut dapat bertahan hanya jika keseimbangan ini terjaga. Dengan kata lain, kuda laut dapat bertahan hidup karena telah dilengkapi dengan sistem ini saat pertama muncul di dunia.
Mungkin aspek yang paling menakjubkan dari kuda laut adalah bahwa kuda laut jantan, bukan yang betina, yang melahirkan anak-anaknya. Kuda laut jantan memiliki kantung perut yang besar dan pembuka seperti celah di bagian dasar perutnya, yang tidak dilapisi baju zirah. Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya langsung ke dalam kantung perut ini dan kuda laut jantan membuahi telur saat dijatuhkan. Lapisan dalam kantung perut menjadi seperti spons dan dipenuhi dengan pembuluh darah, yang penting untuk memberi makan telur. Satu atau dua bulan kemudian kuda laut jantan melahirkan kembaran kecil dari dirinya sendiri.

Kuda Laut Jantan Suka Betina yang Besar (Sumber vivanews.com)


Kuda laut punya metode reproduksi yang unik, di mana si jantan yang hamil. Para pejantan melakukan seluruh aktivitas setelah pembuahan sampai pengasuhan anak-anak.

Selama ini, kuda laut diduga memiliki peran seksual konvensional di mana betina yang memilih pejantan yang akan dihamili. Tetapi ternyata tidak demikian.

Dari pengamatan yang dilakukan oleh Beat Mattle dan Tony Wilson, peneliti dari Zoological Museum, University of Zurich, Switzerland, ternyata pejantan lah yang memilih pasangan betina. Dan ternyata, para pejantan lebih suka betina yang besar-besar agar memberikan sel telur yang lebih besar dan akhirnya menghasilkan keturunan yang juga besar-besar.

Untuk memastikan temuan ini, Mattle dan Wilson mengamati perilaku perkawinan kuda laut (hippocampus abdominalis - H. abdominalis), khususnya pada pentingnya ukuran tubuh saat mereka memilih pasangan.

Secara total kedua peneliti mengamati 10 kuda laut betina dan 16 kuda laut jantan yang telah matang secara seksual. Mereka disimpan di penangkaran khusus. Setiap ekor kuda laut kemudian dihadapkan dengan calon pasangannya untuk diketahui preferensi dan waktu yang dihabiskan untuk berkencan dengan calon pasangan.

“Dari penelitian, diketahui bahwa kuda laut jantan sangat aktif dan lebih menyukai betina yang besar. Sementara, kuda laut betina sendiri cenderung pasif dan tidak menunjukkan preferensi yang pasti,” sebut kedua peneliti, seperti dikutip dari Science Daily, 5 April 2011.

Tingginya preferensi kuda laut jantan terhadap betina besar menunjukkan bahwa pilihan seksual sangat dipengaruhi oleh ukuran tubuh betina di populasi H. abdominalis liar. “Ini konsisten dengan prediksi kami di mana ukuran tubuh betina dinilai penting untuk menghasilkan keturunan pada spesies ini,” sebut kedua peneliti.


 Fakta Tentang Kuda Laut


  • anak kuda laut baru lahir langsung bisa berenang, seperti anak punyuh hutan abis lahir bisa lari.
  • Mempunyai Kandungan kitin, kolagen dan mineral-mineral penting. Sehingga kuda laut dijual dengan harga yang mahal, di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung kuda laut kering ukuran relatif besar dijual dengan harga Rp 600.000 perkilonya.
  • Kuda laut telah diekspor hampir ke seluruh negara — negara pengimpor tradisio*nal ikan hias. Baik untuk pemeliharaan di dalam aquarium, ataupun untuk obat.
  • Kuda laut setia dengan pasangannya (monogami), meski terdapat beberapa species diantaranya H. abdominalis, kuda laut berperut gendut yang gemar berpetualang dan berganti-ganti pasangan (poligami).
  • kuda laut mempunyai bagian tubuh yang transparan sehingga tidak terlihat dalam foto dan perlu pengamatan yang lebih jeli untuk dapat melihatnya.
  • Menjadi logo PERTAMINA selama puluhan tahun, dan hampir semua pom bensin memasang logo tersebut dalam ukuran besar dengan lampu neon di dalamnya.

0 comments:

Leave a Reply

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))